Tuesday, October 23, 2012

dendam

sesungguhnya ada dua penyebab timbulnya dendam dalam hati kita,yang pertama adalah iri hati atau dengki,yang kedua sakit hati.sebenarnya dendam dapat bermakna positif akan tetapi lebih banyak bermakna negativ.apabila rasa irihati atau sakit hati di jadikan motivasi ke arah perbaikan pribadi tanpa di landasi rasa benci,maka dendam ini bermakna positif.
dalam kehidupan kita ini,ada saja orang yang merasa hidupnya akan berarti apabila mereka mampu membalas dendam.bagi mereka yang pendendam tidak ada kehormatan atau makna lain selain terbalasnya dendam.memang dendam dapat memberikan energi yang luar biasa,tapi juga membutakan mata,mematikan perasaan dan melenyapkan akal sehat
.
ada seribu satu hal lebih penting dari pada mengurusi dendam.dengan melakukan banyak hal yang positif,hidup kita akan lebih berarti.jangan membuang banyak waktu,tenaga dan perhatian hanya untuk mengurusi dendam,karena semua itu hal positif menjadi terbengkalai dan hidup ini menjadi kurang bermakna.
kegelapan hati,egois,nafsu,ketakutan,dendam atau benci semuanya itu dapat mengotori atau mencemari hati dan fikiran manusia.sebagai manusia yang di berikan akal yang sehat,hendaknya selalu hidup dengan hati yang bersih dan jiwa yang sehat,rela atas ketentuan tuhan terhadap kehidupan ini.bebas jiwa dari penyakit hati karena semua itu dapat merembeskan iman keluar dar hati,sebagaimana zat cair keluar dari wadah yang bocor.

0 comments:

Post a Comment

Tinggal kan komentar yang baik-baik ya. semoga komentar kalian dapat memberikan inspirasi bagi saya khususnya dan pembaca lainnya. cara kommentnya pilih "comment as" nya dengan Name/URL, Masukkan nama kamu...kalau ada URL nya di isi alamat blog kamu ya..

 
Deasy Meilani ; 2012 | All Rights Reserved | Blog ini dibuat oleh : www.Suryapost.com